Saat bayi sudah melewati masa enam bulan ASI eksklusif maka Anda sudah bisa memulai untuk memberikan makanan pendamping ASI. Bubur kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan pendamping ASI yang kaya nutrisi. Berikut rekomendasi resep bubur kacang hijau untuk makanan bayi.

  1. Kacang Hijau dengan Jagung

Kacang hijau dan jagung merupakan dua jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi bagus sekali untuk pencernaan bayi. Anda yang membuat bubur kacang hijau dengan jagung berarti sudah  memperkaya kandungan antioksidan di dalam buburnya.

Cara pembuatannya mudah sekali, cukup sediakan bahan jagung manis dengan perbandingan yang sama dengan kacang hijaunya. Tambahkan ASI sesuai yang diinginkan. Rebuskan kacang hijau dan jagungnya bersamaan sampai menjadi empuk.

Setelah kedua bahan ini masak haluskan dan saring. Kemudian masukkan ASI ke dalamnya. Aduk sampai merata sebelum Anda memberikannya kepada bayi. Lebih bagus disajikan dalam keadaan yang hangat agar lebih enak dimakan.

  1. Kacang Hijau dengan Pisang

Resep lain yang bisa Anda coba untuk diberikan kepada anak adalah kacang hijau dengan pisang. Rasa bubur akan semakin enak dengan pisang yang manis. Cara pembuatannya Anda sediakan perbandingan kacang hijau dan pisang ambon sebanyak 1:2.

Misalnya kacang hijau 50 gram, maka pisang ambonnya 100 gram. Rebus kedua bahan ini sampai matang, lalu blender sampai halus. Setelah itu, tambahkan jeruk manis untuk membuat rasa bubur semakin segar.

  1. Kacang Hijau dengan Alpukat

Pilihan lainnya dari resep bubur adalah kacang hijau dengan alpukat. Anda tinggal menyiapkan bahan alpukat yang masak dan kacang hijau sesuai kebutuhan. Di mana kacang hijau lebih banyak dari pada alpukat. Tambahkan margarin agar rasa buburnya lebih enak.

Cara pembuatannya dengan mengukus kacang hijau sampai teksturnya lunak. Haluskan terlebih dahulu kacang hijau, setelah itu baru menghaluskan alpukat. Campurkan keduanya sampai menjadi rata dan teksturnya bisa dikonsumsi untuk bayi.

  1. Kacang Hijau dengan Ubi

Anda juga bisa membuat bubur kacang hijau dengan ubi. Caranya sediakan bubur kacang hijau, ubi manis, sereal, dan ASI. sereal dan ASI untuk membuat rasa bubur menjadi lebih manis.  Rebus ubi yang sudah dicincang seperti dadu lalu rebus dengan  satu gelas air, masukkan juga kacang hijau, dan serealnya.

Rebus semua bahan sampai mendidih dan lunak. Setelah itu baru Anda hancurkan sampai halus sesuai dengan kemampuan bayi dalam mengunyah. Diakhir tambahkan ASI sebelum disajikan kepada bayi sesuai keinginan Anda. Bisa dirasa terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi.

Resep bubur kacang hijau ini bisa Anda gunakan untuk memberikan makanan pendamping ASI pada bayi. Tinggal memilih mana yang disukai bayinya untuk dijadikan menu favorit. Pastikan kacang hijau yang digunakan bagus dan tidak busuk agar kandungan nutrisinya terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *