Salah satu masalah yang timbul dan bisa terjadi pada siapa saja baik pada ibu hamil, bayi, anak-anak, hingga dewasa adalah masalah pencernaanHal ini terjadi paling umum adalah karena kekurangan makanan yang cukup serat sehingga menimbulkan susah buang air besar. Oleh karena itulah untuk mengatasi masalah tersebut pada umumnya juga bisa dilakukan secara alami yaitu mengkonsumsi berbagai makanan yang dapat untuk melancarkan buang air besar. Makanan dan bahan yang baik untuk melancarkan buang air besar adalah yang kaya akan serat, karena tubuh memerlukan sekitar 25-35 gram serat perharinya. Oleh karena itulah untuk menghindari gangguan yang membuat rasa perut tidak enak tersebut dapat untuk mengkonsumsi makanan yang berserat seperti bahan-bahan berikut ini:

1. Buah-buahan

Bahan makanan pertama yang bisa dipilih untuk melancarkan buang air besar dan juga tinggi serat adalah buah-buahan. Ada banyak sekali jenis buah yang bermanfaat untuk kesehatan termasuk yang dapat untuk melancarkan BAB. Seperti misalnya ada buah apel yang dapat untuk mengatasi masalah konstipasi karena buah apel mempunyai kandungan serat 6 gram. Oleh karena itulah bagi yang mengalami masalah susah buang air besar dapat untuk mengkonsumsi buah apel ini dengan cara tidak dikupas kulitnya ketika dimakan atau juga bisa dibuat jus tanpa gula dan susu.

2. Sayuran

Bahan alami selanjutnya yang kaya serat selain buah-buahan adalah sayur-sayuran yang juga efektif untuk mengatasi masalah konstipasi atau susah buang air besar. Ada banyak jenis sayuran terutama sayuran hijau yang mempunyai kandungan serat tinggi sehingga akan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Seperti misalnya Anda bisa mengkonsumsi bayam yang mempunyai kandungan serat 4 gram, brokoli yang mempunyai kandungan serat 2,8 gram dan juga berbagai sayuran lainnya. Selain serat, sayuran juga mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh lainnya seperti magnesium hingga vitamin C.

3. Kacang-kacangan

Bahan selanjutnya yang bisa dipilih adalah kacang-kacangan yang mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Misalnya saja dalam satu cangkir kacang mempunyai kandungan 10 gram serat, sehingga hal tersebut akan membuat masalah susah buang air besar dapat teratasi dengan baik. Dengan mencukupi kandungan serat yang dibutuhkan perharinya dari mengkonsumsi kacang-kacangan juga dapat untuk membuat kerja usus menjadi lebih ringan dan lebih lancar. Adapun untuk jenis kacang-kacangan yang bisa dipilih adalah kacang almond yang mempunyai kandungan 3,5 gram serat tubuh atau juga kacang merah yang dapat dijadikan sup atau salad.

4. Biji-bijian yang masih utuh

Bahan selanjutnya yang baik untuk mengatasi masalah konstipasi adalah biji-bijian. Ada beberapa bahan yang bisa dipilih yang sehat untuk dikonsumsi dan juga mempunyai manfaat untuk dapat mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Seperti misalnya beberapa hal yang bisa dipilih adalah sereal, roti, beras merah, dan juga bahan lainnya yang mempunyai kandungan serat tinggi, rendah lemak, dan juga karbohidrat kompleks.

5. Camilan

Hal terakhir yang bisa diperhatikan untuk dapat mengatasi masalah pencernaan adalah dengan memilih camilan yang sehat dan alami. Seperti misalnya bahan ubi yang mempunyai kandungan 3,8 gram dan juga popcorn yang mempunyai kandungan 3,5 serat. Pilihlah camilan yang mempunyai kandungan serat yang tinggi dan juga hindari untuk memilih camilan yang dibuat dengan mentega yang berlebihan. Pilihlah camilan yang sehat dan alami seperti popcorn, ubi, dan juga kismis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *