7 Obat Tradisional Ampuh Menyembuhkan Eksim, Ini Bahan-bahannya

Kesehatan

Dermatitis atopik atau yang lebih dikenal dengan eksim, adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit memliliki ruam merah dan terasa gatal. Eksim umumnya terjadi pada usia balita, namun tak menutup kemungkinan bagi orang dewasa ataupun orang tua untuk mengalaminya. Eksim adalah penyakit kulit berulang atau mudah kambuh.

Saat penyakit kulit eksim kambuh biasanya akan menimbulkan gejala, gatal, bintik bintik, bahkan hingga bersisik. Tapi tak perlu khawatir, eksim bisa diatasi dengan memanfaatkan obat tradsisional ala rumahan. Bahan bahan yang digunakan untuk cara menyembuhkan eksim pun cukup mudah dan murah.

Lantas apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat obat tradisional eksim? Lidah Buaya memang telah lama dipercaya dapat memberikan manfaat untuk menyehatkan kulit. Bahkan kini, telah banyak produk kecantikan yang menggunakan Lidah Buaya sebagai bahan utama.

Tak hanya itu, Lidah Buaya rupanya juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit eksim. Hal itu karena, Lidah Buaya memiliki beragam manfaat, seperti : antibakteri, antimikroba, meningkatakan sistem kekebalan tubuh, dan berguna untuk menyembuhkan luka pada kulit. Cara menggunakan Lidah Buaya untuk menyembuhkan eksim, yaitu dengan memotong daun Lidah Buaya dan aplikasikan gel pada kulit yang terkena eksim.

Jika tidak memiliki tanaman Lidah Buaya, dapat juga diganti dengan pelembab wajah yang berbahan dasar Lidah Buaya yang kini sedang tren dipasaran. Namun, hindari produk yang banyak mengandung bahan pengawet, alkohol, pewangi dan zat pewarna yang malah dapat memperparah eksim. Cuka apel telah lama diyakini mampu menjadi solusi berbagai permasalahan kulit, salah satunya adalah mampu menyembuhkan jerawat.

Penelitian telah membuktikan bahwa cuka apel dapat berguna untuk melawan bakteri dan membantu menjaga kulit dari kerusakan ataupun infeksi. Selain jerawat, cuka apel juga mampu menyembuhkan penyakit kulit dermatitis atopik atau eksim ini. Meskipun demikian, cuka apel harus digunakan secara berhati hati dan tak boleh digunakan terlalu banyak karena bisa merusak jaringan lunak pada kulit.

Cara menggunakan cuka apel untuk menyembuhkan eksim, yaitu dengan mencampur 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air, kemudian oleskan pada kulit yang mengalami eksim. Atau bisa juga menggunakan bantuan kapas atau kasa yang direndam ke dalam larutan cuka apel, kemudian kompreskan pada eksim selama 3 jam. Oatmeal tak hanya bisa dikonsumsi, tapi ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan eksim.

Makanan yang berasal dari gandum utuh ini, kaya akan kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang berguna untuk menyehatkan kulit. Tak heran rasanya, jika oatmeal kini juga banyak dijadikan lotion ataupun masker wajah. Cara menggunakan oatmeal untuk menyembuhka eksim, yaitu dengan mencampurkan oatmeal dan air hangat, kemudian aplikasikanlah pada kulit yang terkena eksim.

Diamkan selama beberapa menit dan bilaslah dengan air bersih. Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang sehat, yang berguna untuk melembabkan kulit sehingga sangat baik digunakan untuk mengatasi kulit kering dan menyembuhkan eksim. Tak hanya itu, minyak kelapa juga berguna untuk membantu melindungi kulit dari peradangan yang bisa merusak kulit.

Cara menggunakannya adalah dengan hanya mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terkena eksim, saat sehabis mandi dan malam sebelum tidur. Madu menandung sifat antibakteri dan anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka dan membantu melawan infeksi pada kulit. Hal inilah yang menjadikan madu sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit kulit, seperti mengatasi luka bakar ataupun eksim.

Madu dapat menyembuhkan eksim dengan cara mencegah infeksi dan membantu melembabkan kulit, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Cukup mengoleskan sedikit madu pada area kulit yang terkena eksim dan didiamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air, mempu membantu menyebuhkan penyakit kulit dermatitis atopik ini. Memang ada yang mengatakan bahwa sering mandi justru membuat kulit kering.

Ada juga yang mengemukakan bahwa mandi akan menjaga kelembapan kulit karena mencegah penguapan kandungan air di kulit. Untuk penderita penyakit eksim kulit, disarankan untuk mandi setidaknya satu kali dalam sehari. Manfaat mandi adalah membersihkan kulit dari pemuci alergi (alergen) dan bahan iritan kulit, sekaligus menghidrasi kulit.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *