Bagaimana Cara Menentukan Harga Ekspor?

Harga selalu menjadi fokus pembeli/importir dalam melakukan transaksi di pasar internasional. Kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menentukan harga ekspor? Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menentukan biaya ekspor.

Biaya produksi

Tentu biaya produksi ya. Anda hitung, dalam melakukan produksi berapa biaya yang harus dikeluarkan. Setelah biaya produksi dihitung maka diperoleh harga pokok produksi (HPP) untuk suatu item produk.

Biaya bank

Karena kita bertransaksi dari satu negara ke negara lain, tentunya pembayaran dilakukan dengan menggunakan mata uang asing. Nah, untuk itu kita membutuhkan bank yang membebankan tarif tertentu untuk transaksi yang dibutuhkan. Misalnya, ketika Anda berniat untuk menarik uang dari bank dalam bentuk mata uang asing atau rupiah, maka membutuhkan biaya. Nah, biaya ini berbeda di setiap bank.

Manajemen biaya

Biaya ini memuat seluruh biaya yang dikeluarkan dalam pengurusan dan pengiriman barang ekspor, mulai dari biaya administrasi, biaya pengurusan berbagai dokumen ekspor, serta pengangkutan barang dari bengkel ke pelabuhan.

Berdasarkan pengalaman, ada pembeli yang menanyakan harga produk hanya mengandung komponen biaya sampai barang tiba di pelabuhan yang biasa disebut FOB (Free on Board). Namun ada juga yang meminta biaya termasuk ongkos kirim ke negara tujuan. Apa pun yang diinginkan pembeli, biayanya harus diperhitungkan.

Pajak Ekspor

Pajak yang dikenakan atas produk ekspor berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Anda dapat meminta informasi tentang jumlah pajak ini dari otoritas yang berwenang, termasuk bagian pemasaran luar negeri dari Kantor Wilayah Departemen Perdagangan setempat.

Atau kita juga bisa bertanya kepada Mbah Google. Selain itu, sekarang banyak forum diskusi dimana kita bisa bertanya dan mendapatkan masukan dari orang-orang yang lebih berpengalaman dalam bisnis ekspor.

Layanan Pihak Ketiga

Dalam kegiatan ekspor, pengusaha juga berurusan dengan pihak ketiga, seperti perusahaan kargo, forwarder, atau layanan lain yang sangat Anda butuhkan.

Biaya pengiriman

Komponen biaya ini tergantung pada berat yang akan dikirim dan jaraknya. misal nya ketika menggunakan jasa kirim kilo.id biaya ekspor ke china di hargai 260.000 rupiah per kilo gram, harga nya akan semakin murah apabila barang yang di kirim dalam jumlah banyak.

Demikian pembahasan mengenai cara menentukan harga ekspor, semoga artikel ini bermanfaat.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *