Baru Pertama Kali Memilih dalam Pemilu? Cek Tipsnya!

Pemilihan umum atau Pemilu sebentar lagi akan serentak dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Momen ini merupakan momen yang tidak boleh dilewatkan, terlebih lagi bagi kalian yang baru pertama kali memilih, harus memanfaatkan hak pilihnya guna menentukan nasib bangsa dan negara selama 5 tahun ke depan. Untuk kalian yang baru pertama kali pemilih tidak perlu bingung menghadapi tahapan pemilu yang sedang berlangsung ini. Yuk, simak tips berikut ini agar kamu siap mencoblos!

  1. Gunakan Hak Pilih

Sebagai warga masyarakat yang menjunjung tinggi nilai demokrasi, maka wajib menjadi pemilih yang menggunakan hak pilihnya secara bijak. Jangan pernah Golput, sebab satu surat suara dapat berpengaruh terhadap masa depan dan kebijakan suatu negara kedepannya. Maka dari itu hendaknya kesempatan memilih jangan disia-siakan. Pastikan nama pemilih sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kunjungi kelurahan terdekat, Dan bila terdapat kendala nama pemilih belum termasuk dalam daftar maka harus segera diurus.

  1. Perhatikan Visi Misi Kandidat

Hal paling penting selanjutnya ialah memperhatikan visi misi, dan program kerja para kandidat. Tentukan visi misi mana yang sesuai dengan hati nurani anda. Misalnya seorang kandidat capres dipilih karena visinya ingin lebih memajukan bidang pendidikan di Indonesia, ataupun partai yang dipilih lebih memajukan sektor ekonomi dengan bekerja sama dengan para investor di luar negeri. Baca dengan seksama visi misi maupun kebijakan yang mereka rencanakan, dan cocokkan dengan visi misi dan harapan pribadi Anda.

Bandingkan juga visi misi sekarang dan tahun sebelumnya, apakah partai dan kandidat tersebut dapat dipercaya dan mewujudkan visi misi tersebut.

Anda juga dapat mencari informasi mengenai kandidat tersebut dengan melihat media sosialnya. Media sosial sebagai salah satu tempat mencitrakan dan memberikan informasi terkait kandidat. 

  1. Cari Tahu Track Record Para Kandidat

Mencari tahu mengenai kader dan politis suatu parpol juga sangat penting, sebab mereka yang merepresentasikan partai politik tersebut. Pilihlah kader yang bersih dan bebas dari kasus korupsi. Pilih juga kader yang bijak dalam menentukan keputusan, mempunyai jiwa kepemimpinan, bersikap jujur, bertanggung jawab akan tugas yang diberikan, dan mementingkan kesejahteraan umum dibandingkan pribadi. Cek apakah partai mengusung kader terbaik yang berintegritas seperti itu? Atau malah mengusung kader yang tidak memiliki nilai-nilai baik namun hanya mengedepankan popularitas saja sebab dikenal oleh banyak orang saja? Pilihlah kadar yang bercitra baik bukan hanya menjelang Pemilu saja namun memang kepribadian aslinya seperti itu.

  1. Waspada Terhadap Politik Uang dan Berita Hoax

Politik uang merupakan salah satu tindakan koruptif. Politik uang menghasilkan para pemimpin yang lebih mementingkan dirinya sendiri dan kelompok kepentingannya, bukan mementingkan aspirasi masyarakat. Mereka cenderung ingin balik modal atas uang yang mereka keluarkan dalam politik uang, yaitu dengan melakukan korupsi. Sebagai pemilih yang cerdas, kita wajib menolak pemberian politik uang. Jangan pernah mau hak suara kita dengan mudahnya dibeli. Dalam masa kampanye seluruh media sosial dijadikan sebuah media untuk menyebarkan informasi mengenai berita seputar pemilu. Sebagai pemilih yang cerdas dan cermat kita tidak boleh menelan mentah-mentah informasi yang kita terima. Pasalnya ada banyak hoax menyebar mengenai berita tentang pemilu.

Meskipun masih pemilih pemula, namun kita tetap harus dapat membedakan mana berita kredibel dan mana berita hoax

Negara yang bebas dari korupsi dapat diwujudkan dengan peran kerjasama dari semua elemen masyarakat. Mari kita stop perbuatan koruptif dan ayo pergunakan hak suara kita untuk memilih. Karena satu suara sangat berarti bagi masa depan sebuah negara.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai politik cerdas berintegritras dan program antikorupsi  dapat ditemukan pada ACLC KPK. Semoga membantu!

Write a Comment

Your email address will not be published.