Kemenkes: Hingga Kini Belum Ada Obat Spesifik untuk Covid-19

Corona

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) Kementerian Kesehatan mengatakan, sampai saat ini belum ada obat yang secara spesifik untuk Covid 19. Untuk itu, diharapkan melakukan pencegahan agar tidak terpapar Covid 19. Nadia mengatakan, dalam proses penyembuhan pasien Covid 19, tenaga kesehatan dan medis memberikan obat berdasarkan gejala yang dialami.

"Sampai saat ini tidak ada obat spesifik untuk Covid 19. Adanya obat yang sifatnya mendukung untuk gejala gejala yang muncul sebagai akibat covid 19 sehingga kita harus tetap berupaya melakukan pencegahan," ungkap Nadia dalam kegiatan virtual "Sosialisasi Vaksinasi Covid 19", Selasa (9/2/2021). Nadia melanjutkan, virus corona yang terus bermutasi membuat gejala dari Covid 19 beragam. Sangat dianjurkan ujarnya, masyarakat displin penerapan protokol kesehatan 3M.

"Kita tetap harus meneguhkan, tidak boleh lengah untuk melaksanakan 3M, karena baju penularan Covid 19 masih sangat tinggi," kata dia. Hal ini diperkuat oleh Anggota Komite Nasional Penilai Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dr. Anwar Santoso. Menurutnya, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi terkait adanya obat spesifik yang efektif serta aman untuk Covid 19.

"Belum ada satu statement yang menyatakan bahwa ini ada obat yang manjur dan aman untuk Covid 19. Semuanya dalam masih dalam fase uji klinik,” ujarnya dikutip keterangan di website Covid 19.go.id, beberapa waktu lalu. Bahkan menurut Anwar, badan kesehatan dunia (WHO) yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional pun tidak menyatakan satu statement yang resmi ada obat yang direkomendasikan untuk dipakai atau aman tapi masih dalam status uji klinik.

Terkait dengan banyaknya pernyataan yang tersebar di masyarakat luas mengenai berbagai obat herbal yang dianggap mumpuni dalam penyembuhan Covid 19. Menurut Anwar obat herbal tersebut tetap memerlukan uji klinis sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat dan dapat memberikan nilai saintifik serta nilai sosial yang terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *