Mengenal Perbedaan Infak dan Sedekah dalam Islam

Berbagi menjadi salah satu ajaran penting yang harus dipahami dan diamalkan oleh umat Islam. Membantu sesama menjadi kewajiban karena sebagian harta yang masuk ke kantong Anda adalah hak orang lain. Berbagi bisa dilakukan lewat infak dan sedekah. Lalu, apa sebenarnya perbedaan infak dan sedekah tersebut?

Tentang Infak dan Sedekah

Keduanya sama-sama menjadi cara bagi umat muslim untuk berbagi kepada sesama. Namun ada perbedaan yang mendasar mengenai dua tindakan amal ini. Berikut adalah beberapa hal yang berkaitan dengan perbedaan antara infak dan sedekah:

1.     Arti

Infak dan sedekah memiliki arti yang berbeda. Keduanya sama-sama berasal dari bahasa Arab namun memiliki makna masing-masing. Infak diambil dari kata anfaqa-yunfiqu dengan makna membelanjakan atau bisa juga membiayai. Sementara itu sedekah diambil dari kata shadaqah dengan makna benar beriman terhadap Allah.

2.     Infak dalam Bentuk Harta

Wujud dari infak juga berbeda dengan sedekah. Infak merupakan bentuk amal yang berwujud harta. Berinfak artinya mengeluarkan sebagian dari harta yang dimiliki untuk orang yang membutuhkan. Besar infak tentu tergantung kemampuan masing-masing orang dan ini tidak akan berpengaruh pada pahala karena yang dilihat adalah keikhlasannya.

3.     Sedekah dalam Bentuk Beragam

Perbedaan infak dan sedekah yang paling mendasar memang wujudnya. Jika infak dalam bentuk harta maka sedekah dalam bentuk yang lebih beragam. Tidak hanya sebatas harta atau nominal uang, sedekah bisa dalam bentuk waktu juga tenaga untuk membantu orang lain. Siapa saja, baik kaya maupun miskin bisa bersedekah karena wujudnya bukanlah harta.

4.     Penerima

Kedua tindakan amal ini juga bisa dipandang berbeda dari segi penerimanya. Infak diberikan secara khusus kepada manusia. Sementara itu sedekah bisa lebih beragam, mulai dari hewan, tumbuhan, juga lingkungan. Berbuat baik kepada lingkungan dan makhluk hidup Allah yang lain juga terhitung sebagai sedekah.

 

Itu tadi penjelasan singkat mengenai perbedaan infak dan sedekah yang penting untuk diketahui umat Islam. Selama raga masih diberi kesempatan untuk hidup di bumi maka lakukan infak dan sedekah sebanyak mungkin. Berbagilah tidak hanya dalam bentuk harta namun juga kebaikan dan kebahagiaan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *