Menko PMK Minta Anak dan Ibu Hamil Dibawa ke Posko Pengungsian Pusat Gempa Sulbar

Nasional

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta agar ibu hamil dan anak anak diungsikan ke posko pengungsian pusat gempa Sulawesi Barat. Hal ini dilakukan agar seluruh kebutuhan hidup dan pelayanan kesehatannya dapat terjamin dengan baik. "Nanti akan kita lihat kalau di sana ada ibu ibu hamil akan kita angkut turun ke bawah sehingga nanti bisa dilayani. Termasuk anak anak. Jadi akan kita minta untuk turun aja jangan nunggu di sana," tutur Muhadjir.

Dalam kondisi bencana, Muhadjir menilai jaminan perlindungan untuk perempuan dan anak sangat penting untuk dilakukan. "Kita ingin membangun paradigma baru dalam penanganan bencana yaitu perempuan dan anak harus diutamakan," tutur Muhadjir. Kemudian untuk warga terdampak gempa bumi yang terjebak di perbukitan, pemerintah melalui BNPB telah menyalurkan bantuan dengan menggunakan helikopter.

Seperti diketahui, berdasarkan data penanganan bencana dari Pemprov Sulbar per 26 Januari, tercatat korban meninggal dunia 108 jiwa, korban hilang 3 orang, luka berat 426 orang, luka sedang dan ringan 2943 orang. Banyak rumah warga yang rusak, infrastruktur seperti jembatan, jalan penghubung rusak parah, jaringan listrik padam. Nilai kerugian di Kab. Mamuju mencapai Rp 120 miliar dan nilai kerugian di Kab. Majene mencapai Rp 113 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *