Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Tenaga Teknis Kefarmasian :Pafi

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) menekankan pentingnya peningkatan pengetahuan dan kemampuan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dalam memberikan pelayanan kefarmasian yang berkualitas di berbagai sektor, termasuk toko obat, apotek, klinik, puskesmas, dan rumah sakit. Ini sejalan dengan amanat Peraturan Menteri Kesehatan No 14 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha & Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kesehatan.

Upaya PAFI Surabaya: Pelatihan dan Webinar

Chusnul Chotimah, A.Md.Farm., Ketua Pengurus Cabang (PC) PAFI Surabaya, Jawa Timur, menyampaikan bahwa PAFI aktif terlibat dalam upaya peningkatan kualifikasi TTK melalui berbagai metode, termasuk pelatihan dan seminar web. Fokusnya bukan hanya pada aspek teknis, tetapi juga soft skill TTK dalam bidang komunikasi. Salah satu upaya konkret adalah penyelenggaraan Satuan Kredit Profesi (SKP) yang diperlukan untuk memperpanjang Surat Tanda Registrasi (STR) TTK.

Kerjasama dengan Johnson & Johnson Indonesia

PAFI Surabaya menjalin kerjasama dengan PT Johnson & Johnson Indonesia untuk menyelenggarakan program webinar sepanjang tahun 2022. Ini merupakan kelanjutan dari program sukses pada tahun sebelumnya yang berhasil memberikan kontribusi kepada lebih dari 11.750 TTK di seluruh Indonesia.

PAFI Kota Semarang: Fasilitasi SKP untuk Sertifikat Kompetensi

Ketua PC PAFI Kota Semarang, Apt. Sri Suwarni, M.Sc., menyatakan bahwa cabang tersebut aktif memfasilitasi kebutuhan anggotanya terkait pengumpulan SKP untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi. PAFI berkomitmen untuk memberikan dukungan dan sarana agar TTK dapat terus meningkatkan kualitasnya.

Devy Yheanne, Country Leader of Corporate Communications & Public Affairs dari PT Johnson & Johnson Indonesia, menyatakan kegembiraannya atas kemitraan dengan PAFI. Ia menekankan peran penting apoteker dan tenaga farmasi dalam memberdayakan pasien dan pelanggan dengan pengetahuan, kepercayaan diri, dan motivasi untuk hidup lebih sehat.

Devy mengungkapkan bahwa Johnson & Johnson Indonesia telah berkomitmen untuk mendukung para petugas kesehatan melalui berbagai program advokasi, pendidikan, pelatihan, dan kontribusi lainnya. Dengan lebih dari 130 tahun pengalaman, perusahaan ini terus berupaya membangun dunia yang lebih baik untuk semua.

Kesimpulan

Peningkatan pengetahuan dan kemampuan TTK menjadi fokus utama. Kolaborasi antara organisasi profesi dan perusahaan farmasi ini menjadi contoh bagaimana sektor kesehatan dapat bersinergi untuk menjaga kualitas pelayanan dan meningkatkan kompetensi tenaga teknis kefarmasian.

Dengan demikian, TTK diharapkan dapat terus berkembang sesuai dengan perkembangan regulasi dan tuntutan kebutuhan masyarakat dalam sektor kesehatan. Untuk informasi lebih lengkap seputar informasi terkait pafi kunjungi halaman resmi nya di https://pafi.id/

Write a Comment

Your email address will not be published.