Perbedaan Gula Tebu Asli dan Gula Non Tebu

Gula merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari-hari yang biasa kita gunakan untuk memasak aneka macam hidangan. Dan biasanya gula yang kita pakai adalah gula pasir dan gula merah. Namun, tahukah kamu jika gula tersebut terdiri dari gula tebu asli dan gula non tebu? Apa perbedaannya, dan apa gunanya untuk kesehatan kita?

  • Gula Tebu Asli

Gula tebu asli sesuai dengan namanya yaitu gula yang berasal dari tebu, tanaman yang bentuknya menyerupai bambu. Dalam proses pembuatannya, tebu akan diperas untuk mendapatkan sarinya. Saat ini, sari tebu sudah banyak tersedia di pasaran dan dapat dengan mudah kita dapatkan. Sari tebu dapat diminum langsung sebagai minuman yang menyegarkan.

Sementara dalam proses pembuatan gula, sari tebu masih akan mengalami pemurnian dan penguapan untuk menghilangkan kandungan airnya. Setelah penguapan maka akan terbentuk kristal-kristal gula. Kemudian kristal-kristal tersebut akan mengalami proses penyulingan kembali. Dan untuk mendapatkan warna putih pada gula, pada umumnya digunakan arang, baik dari tulang binatang yang dibakar maupun batu bara.

  • Gula Non Tebu

Meskipun tebu digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula di banyak negara, namun gula juga dapat dibuat dari bahan selain tebu, misalnya bit. Bit merupakan jenis umbi-umbian adalah salah satu yang paling sering digunakan untuk membuat gula dan telah digunakan pada sekitar sepertiga pembuatan gula di dunia. Proses pembuatan gula dari bit hampir sama dengan proses pembuatan gula tebu. Bit dipotong tipis-tipis kemudian dicampur air panas untuk mendapatkan sarinya yang kaya akan gula.

Kemudian sari bit akan disaring dan menjalani penguapan sehingga terbentuk seperti sirup yang kental. Sirup tersebut kemudian direbus untuk membuang kelebihan airnya, sampai Yeng tersisa hanya kristal gulanya.Hasil dari kedua proses gula tebu asli dan gula non tebu hampir mirip, sehingga sulit dibedakan karena hasil akhirnya sama-sama gula putih. Namun dari segi rasa, ada sedikit perbedaan dari keduanya, yakni gula tebu lebih manis dan beraroma buah, sementara gula non tebu memiliki rasa terbakar seperti karamel.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *