Tantang Peserta Kembangkan Gim Berbasis Teks Gunakan Platform Vutura.io, Terintegrasi di ChatAja

Techno

Ajang tahunan, Improving Productivity with AI Communications atau IMPACT Hackathon yang bertujuan membentuk komunitas yang berfokus edukasi bidang kecerdasan buatan di Indonesia melalui chatbot sebagai penggerak utama dalam ekosistem platform komunikasi tingkat lanjut kembali digelar. Acara daring yang diadakan Vutura.io dan ChatAja mengusung tema Game to the Rescue, diadakan 14 23 Desember 2020. Berbeda dengan hackathon lainnya, berkat platform tanpa coding Vutura.io yang mudah dioperasikan, semua orang dari berbagai kalangan dan tingkat keahlian dapat turut acara yang memperebutkan total hadiah Rp 45 juta.

Hasil hackathon kali ini nantinya akan diintegrasikan pada aplikasi ChatAja. Rangkaian acara IMPACT Hackathon telah dimulai dengan dibukanya pendaftaran daring 16 November yang lalu melalui portal DILo, dan akan ditutup pada tanggal 11 Desember mendatang. Peserta akan disuguhi Online Coaching pada tanggal 14 15 Desember tentang dasar dasar pembuatan bot AI dan platform Vutura.io.

Kemudian para peserta diberi waktu mulai dari hari Rabu, 16 Desember pukul 09.00 WIB hingga Jumat, 23 Desember pukul 23.59 untuk mengembangkan gim berbasis teks tersebut. Acara dilanjutkan dengan babak eliminasi 5 besar mulai dari tanggal 28 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021. Pengumuman posisi 5 besar dan dimulainya babak penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2021. Acara akan ditutup dengan gelaran IMPACT Awarding Night yang akan mengumumkan para pemenang dari IMPACT Hackathon.

Menargetkan 100 tim peserta (1 3 orang per tim) dari usia pelajar SMA/SMK hingga orang dewasa. Berkat platform pembuatan chatbot tanpa coding dari Vutura.io yang digunakan pada hackathon kali ini, acara ini tidak akan membatasi tingkat keahlian pesertanya. IMPACT Hackathon terbuka bagi para pemula, pembuat bot kelas menengah, hingga praktisi coding ahli sekalipun.

“Platform Vutura.io sebenarnya kami rancang khusus untuk membantu perusahaan, pelaku bisnis, hingga individu untuk dapat membuat chatbot tanpa keahlian coding maupun programming sama sekali,” kata Herjuna Dony Anggara Putra, Co Founder Vutura.io dalam keterangannya, Sabtu (5/12/2020). Dirinya yakin peserta awam sekalipun tidak akan kesulitan untuk mengikuti acara ini. Digunakannya platform Vutura.io diharapkan dapat semakin mendekatkan Vutura.io dengan berbagai kalangan, serta mengkomunikasikan bahwa sebenarnya teknologi chatbot dan AI dapat dibangun sendiri secara code less (tanpa proses coding) oleh masyarakat melalui platform Vutura.io.

Dengan solusi ini perusahaan, pelaku bisnis, hingga UMKM dapat membuat chatbot mereka sendiri dan menghadirkan layanan pelanggan yang lebih dekat dan selalu tersedia 24/7 hemat biaya yang dapat diintegrasikan di berbagai kanal dan layanan pesan singkat, termasuk salah satunya ChatAja. Reza Akhmad Gandara, Co Founder ChatAja, menjelaskan sesuai tema yang diusung, hackathon kali ini menantang para pesertanya untuk mengembangkan gim berbasis teks menggunakan platform Vutura.io dan diintegrasikan pada aplikasi ChatAja. Peserta diberikan kebebasan untuk membuat gim berbasis teks berbentuk gim petualangan, visual novel, maupun gabungan dari keduanya, dalam genre apapun.

Gim berbasis teks dipilih karena selain simpel, jenis gim tersebut tidak membutuhkan kapasitas data yang besar dan aplikasi tambahan, sehingga dapat dengan mudah diakses oleh khalayak umum “Sebagai penyedia layanan komunikasi kami menyadari perubahan bentuk komunikasi selama pandemi, dari luring ke daring, yang akhirnya semakin menguatkan dipilihnya tema ini,” kata Reza. Sebagai layanan pengiriman pesan instan berbasis cloud, integrasi gim berbasis teks ini di aplikasi ChatAja nantinya tidak akan memakan penyimpanan maupun menambah beban aplikasi.

Nantinya gim gim pemenang IMPACT Hackathon akan dapat langsung dinikmati oleh lebih dari 650 ribu pengguna ChatAja di seluruh Indonesia. Selain itu para pengguna juga dapat menikmati berbagai fitur andalan ChatAja termasuk di antaranya: server berbasis Indonesia yang lebih aman, fitur Cloud Native meringankan beban penyimpanan, fitur pesan terenkripsi ‘Berkas Rahasia’, hingga fitur tab ‘Jelajah’ dengan berbagai kanal berita, gim, layanan konseling, konsultasi karir & kesehatan, dan lain sebagainya. Setiap tim terdiri dari satu hingga tiga orang, dan setiap orang hanya diperbolehkan untuk masuk dalam satu tim.

Seluruh acara dilaksanakan secara daring (online), sehingga membuka kesempatan bagi peserta dari seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *