Ucapan Menohok Lionel Messi ke Wasit Seusai Golnya Dianulir Saat Argentina Vs Paraguay Berakhir Seri

Lionel Messi tak bisa menutupi kekecewaannya saat golnya dianulir kala Argentina ditahan imbang oleh Paraguay 1 1 dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Estadio Alberto Jose Armando, Buenos Aires, Kamis (12/11/2020) atau Jumat pagi WIB. Sederet konroversi terjadi di laga ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol antara Argentina Vs Paraguay ini. Puncaknya adalah saat insiden gol Lionel Messi yang dianulir pada menit ke 58 yang bisa saja membuat kedudukan menjadi 2 1.

Argentina ketinggalan duluan melalui gol penalti Paraguay lewat kaki Angel Romero pada menit ke 21. Tim Tango baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke 42 saat sundulan Nicolas Gonzalez masuk ke gawang, usai memanfaatkan umpan silang Giovani Lo Celso. Lionel Messi seharusnya bisa mencetak gol andai saja wasit Raphael Claus tak menganulir golnya di babak kedua.

Penyebabnya adalah dalam proses gol kedua Argentina itu, terjadi pelanggaran terlebih dulu antara Nicolas Gonzalez dan Angel Romero. Sekitar 27 detik sebelum tembakan Messi menaklukkan kiper, Gonzalez menginjak kaki Romero di area sisi kiri lapangan, sekira 70 meter dari gawang Paraguay. Dalam hal ini Rapgael Claus juga melewatkan pelanggaran tersebut dan memberikan kesempatan kepada 6 pemain Argentina melakukan 9 sentuhan.

Setelah mengecek VAR, Claus pun memutuskan untuk menganulir gol Lionel Messi, beberapa menit setelah para peman timnas Argentina merayakannya. Atas aksi itu, Lionel Messi langsung mendekati Claus dan menyebut bahwa ia telah merugikan timnya 2 kali sebelumnya. "Anda telah merugikan tim kami dua kali," kata Messi dilansir BolaSport.com dari TyC Sports .

TyC Sports pun mencoba menebak dua keputusan yang dianggap Lionel Messi merugikan Argentina tersebut. Pertama, adalah penalti Paraguay yang berbuah gol. Penalti diberikan wasit Raphael Claus setelah Lucas Martinez Quarta melanggar striker Paraguay milik Newcastle United, Miguel Almiron.

Angel Romero melakukan eksekusi dengan baik, namun TyC Sports menemukan dalam prosesnya, pemain Paraguay lain, yakni Fabian Balbuena masuk ke kotak penalti sebelum bola ditendang Romero. Jika mengacu pada aturan, proses penalti seharusnya diulang kaena ada pemain yang masuk di kotak penalti sebelum bola ditendang. Keputusan kedua adalah pelanggaran yang diterima pemain Argentina, Exequiel Palacios.

Palacios harus berbenturan keras dengan Angel Romero di babak pertama hingga terkapar dan ditarik keluar. Namun Romero hanya mendapat kartu kuning dari wasit. Pasca laga, Palacios dikonfirmasi mengalami cedera tulang belakang yang membuatnyaberpotensi absen hingga akhir musim.

Keputusan keputusan kontroversial wasit juga tak memuaskan pelatih Argentina, Lionel Scaloni. "Sungguh memalukan," kata Lionel Scaloni, dikutip BolaSport.com dari Ole. "Saya pikir sungguh penting mencari kesinambungan dalam cara penggunaan VAR. Saya tidak bicara soal nasib baik atau buruk, tetapi untuk menyeleraskan kriteria keputusan."

"Kami ditinggal pemain untuk beberapa hari atau bulan (soal pelanggaran kepada Palacios). Ada pelanggaran dan VAR tidak meninjau ulang itu," tambahnya.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *